Home » 2015 » September » 15 » Jenis Penyakit Diabetes Dan Gejala Awal
11:30 AM
Jenis Penyakit Diabetes Dan Gejala Awal

gejala diabetes awal

Awal gejala diabetes bisa dikenali dari beberapa tipe diabetes. Kerena Diabetes terbagi kedalam beberapa tipe, dan gejala yang ditimbulkannya pun berbeda satu sama lainnya. Namun pada umumnya, diabetes disebabkan oleh kurangnya insuln dalam tubuh. Insulin tersebut merupakan zat yang dihasilkan oleh pankreas guna untuk mengolah gula darah atau glukosa dalam tubuh. Dan proses tersebut yang menghasilkan atau menjadi tenaga. Namun untuk gejala penderita Diabetes pada umumnya sudah bisa terlihat sendiri seperti, sering buang air kecil, sering merasa haus dan lapar, dan juga sering mengalami lemah pada tubuh juga sering merasa ngantuk.
 
Diabetes melitus ini terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:
1. Diabetes tipe 1
Dimana diabetes ini disebabkan oleh penyakit autoimun. Pada Diabetes tipe ini, sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel beta pankreas sebagai penghasil insulin. Adapun gejala umumnya pada penderita Diabetes tipe 1 seperti sering buang air kecil, sering merasa haus dan juga banyak minum karena kekurangan cairan, berat badan juga menurun, dan juga gejala yang terlihat pada penderita diabetes tipe ini adalah mudah lelah saat melakukan aktifitas atau kegiatan.
 
2. Diabetes tipe 2
Diabetes tipe ini merupakan yang umum atau bisa menyerang siapa saja. Adapun Gejala Diabetes  pada tipe 2 ini bisa terlihat seperti, berat badan turun secara cepat, atau sering mengalami kesemutan, dan juga dengan luka yang sulit untuk sembuh atau kering.  Dan bagi penderita Diabetes, harus tetap waspada atau jangan terlalu senang jika berat badan anda turun dengan cepat, ini bukan berarti program diet anda sukses. Jika anda sedang melakukan program diet. Namun ini bisa juga disebabkan karena pankreas mulai rusak. Dimana fungsi pankreas ini mempunyai tugas untuk memproduksi insulin yang berfungsi untuk mengolah glukosa menjadi sumber energi bagi tubuh.
 
3. Diabetes Gestational
Pada umumnya Diabetes ini seringa terjadi pada wanita yang sedang hamil. Diabetes ini bisa terjadi karena kurangnya respon tubuh terhadap insulin. Adapun penyebab terjadinya Diabetes ini diakibatkan oleh meningkatnya gula darah selama kehamilan. Dan untuk Diabetes tipe ini, bisa dicegah dengan cara selalu mengontrol kadar gula darah agar tetap normal.

Views: 44 | Added by: Ucok | Tags: kesehatan | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar