Home » 2015 » November » 13 » Pertimbangan Ketika Membeli Rumah di Jual Murah Supaya Aman
7:26 PM
Pertimbangan Ketika Membeli Rumah di Jual Murah Supaya Aman

Setiap orang tentunya ingin punya rumah sendiri. Sayangnya, kendala harga selalu menjadi masalah utama yang mencegah pasangan baru untuk memiliki rumah milik sendiri. Apalagi tren sekarang ini adalah harga properti yang semakin meningkat, sehingga menemukan rumah di jual murah adalah hal yang cukup sulit. Meski demikian, kalau Anda jeli dalam memilih, selalu ada jalan keluarnya.

Salah satu cara untuk mendapatkan rumah dengan harga yang terjangkau adalah mencari orang yang mau jual rumah murah karena sedang dalam kondisi terdesak alias mempunyai banyak hutang. Karena mereka pastinya membutuhkan biaya secepat mungkin untuk melunasi hutang mereka. Anda bisa menemukannya ketika sedang browsing di internet, atau mencari lelang dari bank.

Hanya saja ketika Anda mendapatkan rumah seperti ini, ada beberapa hal yang harus Anda awasi lebih dahulu, supaya Anda sendiri tidak mengalami masalah ketika sudah membelinya, yaitu:

  1. Kelengkapan sertifikat

Pastikan bahwa sertifikat dari rumah tersebut lengkap, alias yang menjual memang adalah pemiliknya sendiri. Kalau Anda tidak menerima sertifikat kepemilikan tanah dari yang punya, jangan mau.

  1. Tidak ada sengketa

Pastikan juga bahwa rumah tersebut aman, sedang tidak menjadi objek masalah sengketa atau rebutan, terutama jika rumah tersebut ternyata adalah rumah warisan. Hal ini tentunya akan mengancam keselamatan Anda sendiri.

  1. Pajak beres

Periksa di Kantor Pajak tentang Pajak Bumi dan Bangunan dari rumah yang akan dibeli, apakah semuanya terdaftar dan beres.

  1. Lingkungan aman

Lakukan pula inspeksi sebelumnya apakah lingkungan di sekitar rumah aman atau tidak, dan apakah pernah terjadi kejadian kriminal di rumah yang akan Anda beli ini.

Pada akhirnya, rumah di jual murah ataupun mahal memerlukan kejelian Anda dalam memeriksa. Semakin hati-hati Anda sebelum membeli, maka semakin kecil pula kemungkinan akan terjadi hal-hal yang tak diinginkan di rumah baru Anda tersebut, seperti tiba-tiba ada orang yang datang dan menuntut rumah itu menjadi miliknya. Jika rumah tersebut adalah rumah lelang, seperti milik BTN misalnya, periksa juga status rumah.

Views: 41 | Added by: Ucok | Tags: rumah | Rating: 0.0/0
Total comments: 0
avatar